Senin, 13 Oktober 2014

Beladiri TaeKwonDo

            Assalamu'alaikum Wr Wb

         Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam Semua, selamat datang di Blog saya yang sederhana ini, kenalin nama saya Rizki Pahlevi Sudiarto, disini saya ingin membagi cerita ke kalian tentang salah satu kegiatan yang pernah saya ikutin, yaitu kegiatan beladiri TaeKwonDo, pasti kalian udah ga asing lagi atau udah pada tau, bahkan udah ada yang jago sama beladiri yang satu ini kan? Kalo memang gatau lanjut aja baca Blog ini, semoga aja bisa nambah wawasan dan nambah ilmu buat kali. Oke, langsung aja kita bahas tentang beladiri TaeKwonDo.


         Beladiri TaeKwonDo ini berasal dari negara Korea Selatan, dalam bahasa Korea, Hanja untuk Tae berarti "menendang atau menghancurkan dengan kaki" Kwon berati "tangan" dan Do itu "seni". Jadi, TaeKwonDo bisa kita terjemahkan sebagai "Seni Beladiri Tangan dan Kaki". TaeKwonDo juga salah satu olahraga beladiri yang sangat populer dan merupakan olah raga nasional Korea. Sudah banyak kejuaraan-kejuaraan TaeKwonDo yan
g sudah di selenggarakan.

       Dalam Latihan Beladiri TaeKwonDo, ada Tiga materi yang perlu kalian tahu :

    1). Kyukpa atau teknik pemecahan, di dalam latihan kyukpa kita dilatih untuk memecahkan suatu benda, contohnya seperti, papan kayu, batu bata, ginting, dan lain-lain. Teknik tersebut biasanya dilakukan dengan cara menendang memukul memukul.

    2). PoomSe atau jurus, nah teknik ini yang cukup sulit untuk dipelajari, karena kita harus mempelajari diagram rangkain teknik gerakan serangan dan pertahanan.

    3). KyoRugi atau pertarungan, tekinik ini yang biasanya paling seru untuk di pelajari, karena disini kita mengaplikasikan teknik tendangan dan bertahan kita untuk berkelahi atau bertarung.

         Di Dalam Beladiri TaeKwonDo ada tingkatan yang dilambangkan menggunakan sabuk, untuk tingkat amatir menggunakan sabuk berwarna putih, selanjutnya berwarna kuning, selanjutnya berwarna hijau, lalu sabuk berwarana biru, kemudian berwarna merah biasa disebut Kyosa dan yang terakhir berwarna Hitam bisa disebut "Sabeum atau Guru"

         Club yang pernah saya ikuti beladiri TaeKwonDo yaitu Club PTC (Perkasa TaeKwonDo Club) itu di daerah Karawang, Jawa Barat, disana saya hanya mengikuti sampai tingkat sabuk Merah, disana saya dilatih berlatih cukup keras dan Guru saya pada waktu itu Sabeum Iman Sanjaya Pemegang Dan 1 Kukiwon dan Guru Besar saya adalah Sabeum Nim Royan Alex Setiawan  kalo tidak salah ingat beliau pemegang Dan 4 Kukiwon.

        Disana saya banyak belajar dengan para atlet-atlet TaeKwonDo dan mendapatkan banyak tips-tips dari mereka, banyak sekali kegiatan yang saya ikuti di bidang TaeKwonDo contohnya seperti mengikuti turnamen daerah, tapi sayang saya masih belum beruntung untuk mendapatkan mendali, mengikuti ujian kenaikan tingkat, berlatih demi mencapai target yang dituju dan lain-lain.

                      (Kiri : Sabeum Bayu, Tengah : Sabeum Gilang, Kanan : Sabeum Jamil)

         Ini waktu ujian kenaikan tingkat di Club saya, disana banyak sekali yang mengikuti ujian kenaikan tingkat.

         Sekian Blog dari saya, bila ada kesalahan dan kekurangan mohon dimaafkan, dan saya merekomendasikan untuk yang ingin mengikuti beladiri, kalian boleh mencoba untuk ikut beladiri TaeKwonDo.

       "Salam Levi"








Kritik dan Saran Boleh Di Cantumkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar