Senin, 19 Januari 2015

Stratifikasi Sosial

         Assalamu'alaikum Wr Wb.

         Oke guys Selamat Pagi, Siang dan Malam Semuanya. Kali ini saya bakal share ke kalian semua tentang Stratifikasi Sosial, soalnya saya ada tugas tentang Stratifikasi Soisal guys, jadi saya bakal share ke kalian tugas saya ini, hitung - hitung nambah wawasan buat kalian. Tanpa basa basi lagi, kita langsung aja pergi ke SUMBER nya guys.

         Yang pertama dan yang paling utama saya bakal menjelaskan dulu apa itu Stratifikasi Sosial. Jadi Stratifikasi Sosial itu adalah gejala alami yang tidak mungkin dapat dihilangkan. Munculnya Stratifikasi Sosial ini merupakan konsekuensi logis dari beberapa faktor yang selalu ada dalam kehidupan manusia, biasanya berkaitan dengan :

  1. Keturunan
  2. Kekayaan
  3. Kedudukan
  4. Pendidikan
  5. Pekerjaan
         Dari beberapa faktor di atas kita bisa mengenal beberapa istilah yang sesungguhnya merupakan pengelompokan masyarakat ke dalam kelas - kelas tertentu, seperti rakyat jelata, kaum bangsawan, golongan si kaya dan si miskin, orang desa dan orang kota, pejabat negara, yang berpendidikan tinggi dan berpendidikan rendah, musisi dan pengamen dan lain sebagainya.

        Agar kita bisa memahami istilah Statifikasi Sosial kita harus mengkaji terlebih dahulu kata asli dari Stratifikasi, yaitu Stratification. Kata Stratification berasal dari kata "statum" atau "strata" yang berarti pelapisan. Stratifikasi Sosial atau pelapisan sosial berarti penggolongan warga masyarakat ke dalam kelompok - kelompok tertentu secara bertingkat - tingkat (hierarkies). Dan itulah sebabnya kita dapat mengenal kelas - kelas dalam kehidupan masyarakat, yaitu kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah.

         Pada dasarnya Stratifikasi Sosial atau pelapisan sosial terjadi karena adanya sesuatu yang di hormati dan dihargai dalam kehidupan masyarakat. Pembagian beberapa kelas (kelas atas, kelas menengah, kelas bawah) terjadi karena adanya jarak dalam memberikan penghargaan. Golongan yang mendapatkan penghargaan yang tinggi akan menempatkan dirinya ke dalam kelompokm masyarakat kelas atas. Golongan yang mendapatkan penghargaan yang sedang - sedang saja akan menempatkan dirinya ke dalam kelompok masyarakat kelas menengah. Sedangkan golongan yang mnedapatkan penghargaan yang rendahlah yang akan menempatkan dirinya ke dalam kelompok golongan masyarakat kelas bawah.

         Dan sekarang saya akan ambil contohnya guys, kalian masih ingatkan kasusnya gayus tambunan, yang "Narapidana" bisa jalan - jalan keluar dari penjara, bahkan sampai jalan - jalan ke luar negeri, itu tuh karena dia orang kaya jadi bisa kaya gitu, masa narapidana bisa jalan - jalan keluar dari penjara, yah you know lah, orang - orang kaya yang korupsi sampai beribu - ribu uang korupsinya tapi hanya di penjara kisaran 3 sampai 4 tahun aja, tapi kasus - kasus kejahatan yang dilakukann sama orang orang golongan bawah di hukumnya sampai bertahun - tahun guys. Ya semoga aja negara kita bisa jadi lebih baik kedepannya.


Ini memenya gan, wkwkwk

         Yaudah deh guys sekian dulu dari saya, semoga aja saya menulis blog ini bermanfaat bagi kalian semua yang ngunjunginnya. Kalo ada salah - salah kata yang kurang berkenan atau ada seseorang yang tersinggung dari blog saya, mohon di maafkan yaa.








Salam "Levi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar