Minggu, 12 November 2017

Aspek Pemasaran

    Dipostingan kali ini saya akan membahas mengenai aspek pemasaran, yang dimana aspek pemasarann yang saya bahas adalah aspek pemasaran dari MatahariMall.com. Apa saja sih aspek pemasaran dari MatahariMall ini ? Langsung saja kita bahas bersama-sama ..



A. Latar Belakang

     MatahariMall.com adalah situs perdagangan elektronik asal Indonesia yang menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga. MatahariMall.com merupakan anak perusahaan dari Lippo Group yang terkenal dengan usaha retail seperti Hypermart, Matahari Department Store, Books & Beyond, saluran televisi swasta BeritaSatu, layanan internet First Media dan televisi berlangganan Big TV. MatahariMall.com resmi diluncurkan pada tanggal 9 September 2015.
MatahariMall.com pertama kali diumumkan kehadirannya oleh Grup Lippo pada tanggal 25 Februari 2015. Sejak awal kemunculannya, Grup Lippo menyiapkan MatahariMall.com untuk menjadi situs perdagangan di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, Grup Lippo menganggarkan dana investasi sebesar 500 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar enam triliun rupiah.
Dalam kurun waktu kurang dari enam bulan, Mataharimall.com sudah memiliki lebih dari 400 karyawan yang siap melayani sekitar 200 ribu pelanggan setiap harinya. Pada tanggal 9 September 2015, MatahariMall.com resmi diluncurkan bersamaan dengan dijalankannya program promosi bernama SuperSeptember. Lewat program tersebut, MatahariMall.com memperkenalkan Super Cicilan; sebuah layanan cicilan nol persen untuk semua produk tanpa batas minimum pembelanjaan. Layanan ini belum pernah dilakukan oleh e-Commerce lain di Indonesia.


B. Spesifikasi Produk/Jasa

Mataharimall.com menawarkan berbagai produk yang sangat berkualitas. Diantaranya terdapat: 
  • Fashion Pria(pakaian, celana, jam, dll) 
  • Fashion Wanita(pakaian, celana, tas, dll) 
  • Elektronik(TV, HP, Kipas, dll) 
  • Otomotif(Mobil, Motor, Oli, dll) 
  • Olahraga & Outdoor(Fitness, Tenis, Badminton, dll) 
  • Dan Lain Lain 

C. Segmentasi Produk/Jasa

     Bentuk geografis dari negara kita Indonesia mempersembahkan beragam demografi. Kondisi ini turut memberikan tantangan bagi para pemasar. Pasalnya, keberagaman demografis yang ada, memiliki karakter dan perilaku konsumen yang berbeda. Tidak terkecuali pada industrie-commerce yang saat ini tengah bergerak pesat. Dalam hal ini, MatahariMall.com sebagai salah satu pemain, melihat ada dua segmen konsumen di Indonesia. Segmentasi ini berdasarkan wilayah di Indonesia.
“Kami menemukan perbedaan antara konsumen e-commerce di kota dan di luar kota. Konsumen yang di luar kota, umumnya baru mengenal dan belajar mengenai belanja online. Dengan ini, keinginannya akan layanan yang diberikan berbeda dengan konsumen di kota,” jelas CEO MatahariMall.com Hadi Wenas di Jakarta, Senin (07/12/2015).
Menurut hasil pemantauan Wenas di berbagai wilayah di Indonesia, konsumen di kota lebih memilih kenyamanan dalam berbelanja dan menginginkan barang mereka dikirim langsung ke mereka. Yang unik, di luar kota seperti di Klaten, Wenas menemukan bahwa konsumen ingin mengambil barangnya secara langsung menggunakan fitur online to offline (O2O) milik mereka.

   “Di luar kota yang notabene baru belajar transaksi e-commerce tengah mencari kepercayaan. Mereka ingin melakukan sistem cash on delivery (COD) dan sangat mengapresiasi diberikan struk. Mereka ingin dilihat kalau mereka habis berbelanja dengan membawa tentengan tas Matahari,” jelas Wenas.


D. Analisis Situasi Pasar

    Untuk saat ini, dengan banyaknya pengguna internet dan pengguna smartphone di indonesia, menjadikan pasar yang baik untuk mataharimall.com. Dengan menyediakan fasilitas pelayanan Seperti transfer antar bank, kartu kredit dengan cicilan 0%, COD (Cash On Delivery,) dan sistem O2O (Online-to-Offline) yang memudahkan calon customer untuk berbelanja. menjadikan mataharimall.com sangat optimis pada pasar di Indonesia akan terus bertambah.


E. Analisis Pesaing

    Perusahaan sejenis yang membidangi bidang yang sama dengan perusahaan kami di Indonesia cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah:



F. Strategi Promosi

    Untuk Memperoleh keuntungan yang lebih berdasarkan prinsip - prinsip secara efektif dan efesien. Kegiatan yang akan dilakukan mataharimall.com diuraikan sebagai berikut: 
  • Membarikan pelayanan yang lebih kepada konsumen seperti memberikan potongan harga yang dapat menarik pelanggan untuk membeli sebuah barang. 
  • Mengikuti event di acara - acara besar agar orang banyak lebih mengenal mataharimall. Contohnya menjadi sebuah sponsor di event tersebut. 


G. Media Promosi Berbasis TI 

    1. Televisi 
   Dengan televisi mataharimall dapat mengiklankan produk mereka dengan lebih mudah dan dapat menarik perhatian dari setiap calon pelanggan.

    2. Web
   Mataharimall juga dapat mengiklankan produk mereka dengan cara membuat pop-up pada situs - situs terkenal dengan mempunyai pengunjung yang tinggi.

    3. Jaringan Sosial
   Dengan sosial media mataharimall juga dapat mengiklankan produk - produk mereka dengan cara membuat account official mataharimall di sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dll. Dengan memberikan informasi terkini dari mataharimall dan promo - promo menarik yang ada di mataharimall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar